CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Friday, August 29, 2008

TV dengan teknologi HD: perlukah kita beli saat ini??



Belakangan ini mungkin kita sering mendengar mengenai TV dengan dukungan teknologi HD (High Definition) tetapi sejauh mana teknologi HD lebih baik dibandingkan dengan TV biasa??
TV HD menggunakan jumlah pixel 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan TV biasa (standar) sehingga menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dan tajam, terutama dalam soal warna.
Jenis HD itu sendiri terdiri dari 2 format yang berbeda yaitu 720p dan 1080i dimana sebenarnya untuk masalah kualitas tidak terlalu jauh berbeda dan perbedaannya hanyalah masalah jumlah garis horizontal yang ada.

Seperti terlihat pada gambar diatas, TV dengan teknologi HD menghasilkan gambar yang lebih jelas dan halus dibandingkan dengan TV biasa. Dan inilah yang menyebabkan kenapa belakangan ini semua produsen TV mencoba untuk memasukkan teknologi ini ke dalam produk TV terbaru mereka.
Sayangnya untuk Indonesia sendiri, walaupun sudah banyak bermunculan TV HD (HD Ready) ini, belum terlalu banyak stasiun TV yang mendukung telnologi ini sehingga teknlogi HD pada TV tersebut kurang bermanfaat.
Jadi bila anda ingin membelinya saat ini (yang biasanya harganya lebih mahal), mungkin sebaiknya dipikirkan kembali kecuali memang anda punya uang lebih.

2 comments:

Unknown said...

Eh, masa sih?
Di rumah g bagus2 aja kok lol

Lagian, kalaupun masih ada stasiun yang belum mendukung HD pasti bentar lagi mereka bakal ngejar supaya ga ketinggalan.

Yang pasti sih jangan beli yang mahal2 amat kaya Bravia/Aquos, LG kualitasnya paling bagus n harganya paling bersaing.

-Seppri- said...

uhm..berarti mesti sesuaikan lagi yah ama di indo punya situasi??
hehe, kalo gak meh bisa useless dunk :p