CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Thursday, August 28, 2008

Timbangan supermarket yang bisa membedakan antara jeruk, apel dan lainnya



Semua yang sering belanja di supermarket atau hipermarket pasti sering mengalami antrian hanya karena untuk menimbang buah-buahan atau sayuran yang baru saja dimasukkan ke dalam plastik. Antrian yang terjadi bukan saja karena banyaknya pembeli karena si penimbang sedang pergi entah kemana.
Tetapi semoga saja, masalah diatas akan dapat diatasi dalam waktu dekat karena sudah ada timbangan digital (digital scales) untuk supermarket dengan teknologi terbaru yang memungkinkan anda tidak perlu repot menunggu si penimbang karena cukup diletakkan di timbangan tersebut maka label harga akan keluar dan siap ditempel sendiri.

Timbangan ini menggunakan kamera yang terintegrasi di dalam timbangan dan akan mengambil foto setiap saat benda ditaruh diatasnya. Hasil foto yang didapat akan dicocokkan dengan database foto yang ada sehingga timbangan tersebu dapat mengenali jenis benda yang ditaruh atau dengan kata lain, timbangan ini bisa membedakan mana apel dan mana jeruk.
Teknologi yang dikembangkan oleh Mettler Toledo ini kelihatannya cukup menjanjikan untuk mempercepat proses penimbangan tetapi ada satu kelemahan dimana timbangan ini akan sedikit bingung bila harus menimbang benda yang hampir sama, misalnya buah-buahan yang mirip dengan tomat.
Bila hal ini terjadi maka timbangan tersebut otomatis akan mengelurkan menu pilihan untuk lebih memastikan benda yang akan ditimbang.
Sedikit repot tetapi masih jauh lebih baik daripada menunggu si penimbang yang tidak kunjung datang.

Sumber berita
New Automated Supermarket Scales Can Tell The Difference Between Apples And Oranges

1 comments:

Unknown said...

Penemuan bagus, tapi mungkin masih perlu disempurnakan lebih jauh kalau mau benar2 dipakai. Lebih susah lagi kalo mau dipakai di Indonesia, lihat aja hypermart yang banyak buah2an yang mirip2 tapi harganya beda2.